Analisis Hidrolika pada Uji Model Pelimpah Bendungan Warsamson Papua Barat dengan Pendekatan Perangkat Lunak Autodesk Computational Fluid Dynamics (CFD)

Authors

  • Muhammad Aulia Arsal Universitas Brawijaya
  • Anggara Wiyono Wit Saputra
  • Suwanto Marsudi

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jtresda.2024.004.01.065

Keywords:

Dam, Three-dimensional model, Hydraulics, Autodesk CFD

Abstract

Indonesia memiliki kekayaan sumber daya air yang melimpah dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat. Beberapa permasalahan pun terjadi seperti banjir dan kekeringan yang melanda Kabupaten Sorong, Papua Barat. Upaya pemerintah dilakukan melalui Badan Wilayah Sungai (BWS) Papua Barat berupa pembanguanan Bendungan Warsamson. Tahap awal pembangunan diawali dengan perencanaan konstruksi oleh konsultan kemudian dilanjutkan pembuatan model fisik. Pemodelan fisik dilaksanakan di Laboratorium Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Terpadu Universitas Brawijaya. Selain model fisik dilakukan juga penyesuaian desain dalam bentuk model tiga dimensi dengan pendekatan perangkat lunak Autodesk Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk mengetahui sifat hidrolis pada bendungan secara mendetil pada bangunan pelimpah Bendungan Warsamson. Penelitian ini menggunakan bantuan perangkat lunak lain berupa Autodesk AutoCAD dan Inventor. Luaran penelitian berupa hasil simulasi yang memuat data nilai profil muka air, kecepatan aliran, dan tekanan hidrostatis sebagai parameter utama dalam perencanaan Bendungan Warsamson. Hasil simulasi pengaliran debit banjir pada model tiga dimensi pelimpah Bendungan Warsamson memenuhi standar desain.

References

Hartoyo. Program Pengembangan Penyediaan Air Untuk Menjamin Ketahanan Pangan Nasional. Kementerian Pekerjaan Umum. 2010.

Badan Pusat Statistik. Banyaknya Desa/Kelurahan Menurut Jenis Bencana Alam dalam Tiga Tahun Terakhir (Desa). 2021.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nomor 27/PRT/M/2015. 2015.

Lufira, dkk, “Analisa Uji Model Fisik Pelimpah Bendungan Sukahurip Di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat.” Jurnal Teknik Pengairan Universitas Brawijaya. Volume 6, No. 1, Mei. 2015.

De Vries,. Scalling Model Hydraulic. Netherland: IHE Published. 1987.

S. Sosrodarsono and K. Nakazawa, Bendungan Tipe Urugan, Jakarta: PT. Pradnya Paramita, 2016.

Chow, Ven Te. Hidrolika Saluran Terbuka, terjemahan E.V. Nensi Rosalina. Jakarta : Erlangga. 1985.

Downloads

Published

16-01-2024

How to Cite

Muhammad Aulia Arsal, Anggara Wiyono Wit Saputra, & Suwanto Marsudi. (2024). Analisis Hidrolika pada Uji Model Pelimpah Bendungan Warsamson Papua Barat dengan Pendekatan Perangkat Lunak Autodesk Computational Fluid Dynamics (CFD). Jurnal Teknologi Dan Rekayasa Sumber Daya Air, 4(1), 767–777. https://doi.org/10.21776/ub.jtresda.2024.004.01.065